Cerita apa yang menarik?

Rabu, 27 April 2011

Hakan Norkdvist, penjelajah waktu yang kembali sambil membawa bukti

Hakan Norkdvist pernah melakukan time travelling dan bertemu dengan dirinya yang lain berumur 72 tahun. Walaupun cerita ini cukup menarik, ternyata cerita ini merupakan bagian dari strategi marketing.


Kisah mengenai dirinya sangat populer di eropa, terutama di Swedia, negara asalnya. Dalam sebuah video, Hakan menceritakan pengalmannya terlempar ke masa depan dan bertemu diriynya di masa depan yang berumur 72 tahun. Bagi beberapa orang, banyak orang menganggap cerita ini hanya bohongan. Tapi, sangat susah menolak kebenaran cerita itu jika dia kembali sambil membawa bukti, yaitu video dia dan dirinya di masa depan sedang berdiri berdampingan.

Hakan menceritakannya seperti ini," Peristiwa itu terjadi tanggal 30 Agustus. Hari itu sangat indah dan aku sedang perjalanan pulang. Ketika masuk ke rumah, aku menemukan genangan air di lantai dapur. Sepertinya ada kebocoran. Lalu aku mengambil peralatanku, membuka pintu bak cuci piring dan mulai bekerja."

" Ketika aku masuk ke dalamnya untuk memeriksa pipa, sepertinya tempat itu menjadi lebih panjang daripada yang kuingat. Aku merangkak masuk ke dalam kabinet, dan ketika melakukannya, aku menemukan kalau ruangan itu terus berlanjut. Jadi aku terus merangkak ke dalam."

" Di ujung terowongan, aku melihat cahaya dan ketika sampai di sana, aku menyadari bahwa aku telah sampai di masa depan. Aku bahkan bertemu diriku yang berumur 72 tahun. Saat itu tahun 2042. Aku melakukan berbagai tes terhadapnya untuk memastikan kalau dia adalah benar-benar diriku. Anehnya, dia mengetahui segala sesuatu mengenai diriku, dimana aku menyimpan benda-benda rahasia ketika kelas satu, dan berapa skor pertandingan bola melawan Vaxjo Norra pada musim panas tahun 88. Ia mengetahui segalanya."

" Bahkan kami memiliki tato yang sama, walaupun kepunyaannya kelihatan sedikit buram. Ia mengatakan kepadaku mengenai hal-hal yang akan terjadi di masa yang akan datang dan aku berjanji kepadanya untuk tidak mengatakan soal itu kepada siapapun. Aku membuat sebuah rekaman  menggunakan ponselku. Sayangnya, kualitas rekaman itu tidak begitu baik. Namun hanya itulah yang bisa aku dapatkan. Sebenarnya aku tidak peduli jika orang mengganggap aku seorang pembohong. Aku tahu kalau aku bukan seorang pembohong. Aku bertemu dengan diriku di masa depan dan aku baik-baik saja. Itulah yang aku ketahui. Namun, jika itu bisa terjadi padaku, mungkin hal yang sama bisa juga bisa terjadi pada orang lain."

Berikut screenshotnya:



Apakah cerita itu benar?

Walaupun orang itu kelihatan sangat mirip, Namun terdapat beberapa perbedaan  yaitu perbedaan ukuran kepala, hidung, telinga dan tato mereka. Dari perbedaan itu, banyak yang percaya bahwa orang dalam video itu adalah dua orang yang berbeda.

Rekaman ini ternyata bagian dari kampanye pemasaran untuk sebuah perusahaan dana pensiun Swedia yang bernama AMF pension. Mereka membuat video itu dan menayangkannya di website mereka dengan tujuan membuat orang lebih memikirkan masa depan.

Mereka juga membuat perlombaan dimana seseorang dapat mengirimkan foto mereka dan AMF mengirimkan kembali foto tersebut tetapi kelihatan 30 tahun lebih tua.

Beberapa orang berargumen kalau rekaman AMF Pension dibuat setelah cerita Hakan di Blognya sehingga rekaman itu tidak membuktikan kalau kisah Hakan merupakan bagian dari kampanye pemasaran.

Memang benar bahwa kisah Hakan pertama kali muncul di blognya, baru setelah itu AMF membuat videonya. Setelah video AMF muncul, blog Hakan tidak bisa diakses lagi. Ini sangat cocok dengan pola viral marketing.

Dengan kata lain, sejak Hakan menulis kisahnya di blognya hingga videonya muncul di AMF, itu merupakan bagian dari strategi pemasaran yang sangat jenius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar