Cerita apa yang menarik?

Jumat, 29 April 2011

Ever dream this man?




Pria ini dipercaya telah muncul di mimpi banyak orang. Namun tak disangka, ternyata cerita ini hanyalah sebuah kampanye pemasaran.


Seperti inilah foto orang yang dipercaya sering muncul di mimpi kebanyakan orang

Judul di atas adalah sebuah kalimat yang muncul dalam sebuah website yang memuat pria ini. Berikut websitenya: thisman.org

Dalam website tersebut terdapat keterangan:

"Pada Januari 2006 di New York, seorang pasien wanita dari seorang psikiater ternama menggambar sesosok wajah seorang pria yang disebutnya berulang kali muncul di mimpinya. Dalam beberapa pertemuan itu, pria tersebut memberikan beberapa nasihat mengenai kehidupan pribadi wanita itu. Wanita itu bersumpah bahwa dia belum pernah bertemu pria itu seumur hidupnya."

" Gambar wajah itu terlupakan di meja psikiater untuk beberapa hari hingga seorang pasien lain mengenali wajah itu dan mengatakan pria itu juga sering muncul dalam mimpinya. Ia juga mengklaim kalau ia belum pernah melihat pria itu sebelumnya."

" Psikiater itu kemudian memutuskan untuk mengirim foto wajah itu ke beberapa koleganya yang memiliki pasien yang bermasalah dengan mimpi. Dala tempo beberapa bulan, empat pasien mereka mengenali pria itu karena sering muncul dalam mimpi mereka. Semua pasien mereka menyebut pria itu dengan sebutan This Man."

Website tersebut mengklaim kalau sejak Januari 2006 hingga hari ini, paling tidak ada 2000 orang yang mengaku pernah melihat pria itu dalam mimpi, mulai dari Los Angeles, Sao Paolo, Barcelona, hingga New Delhi.

Kisah ini pertama kali diberitakan blog presurfer yang kemudian dibantu penyebarannya oleh website lain. Dalam waktu singkat, pria ini langsung menyebar ke seluruh dunia.

Dan sekarang itu bukan misteri lagi karena pria ini merupakan bagian dari kampanye pemasaran.

Misteri ini sebenarnya adalah buatan seorang sosiolog dan marketer dari italia yang bernama Andrea Natella (Pria). Natella memiliki sebuah website yang bernama guerriglia marketing (marketing gerilya).

Petunjuk ini bisa didapatkan dari registrasi domain thisman.org. Terlihat kalau domain ini didaftarkan atas nama Andrea Natella. Dari alamat emailnya, kalian bisa mengetahui kalau Andrea adalah pemilik situs guerriglia marketing.


Dari namanya kita mengetahui bahwa website itu menyediakan jas marketing. Namun, cara yang dilakukan Natella termasuk unik, karena mencari cara yang tidak konvensional untuk berkomunikasi dengan konsumen target.

Salah satu caranya adalah menciptakan kisah this man ini.

Lihatlah konsep marketing yang disebut dalam websitenya.

Lihat poin nomor 2.

"Marketing gerilya berkonstribusi pada pengembangan strategi marketing lewat penciptaan pseudo events (peristiwa gadungan) yang didesain untuk mengintegrasikan citra perusahaan"

Jika kita melihat kata pseudo events (peristiwa gadungan), dari kata itu kita mengetahui bahwa cerita this man adalah strategi mereka.

Jadi, jika kita menemukan kisah misteri yang berasal dari Natella,maka disana tidak ada misteri melainkan hanya sekedar kampanye pemasaran belaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar