Cerita apa yang menarik?

Sabtu, 04 Desember 2010

Poltergeist (part 2): penjelasan yang lebih lengkap

Sebelumnya saya memang pernah menuliskan tentang poltergeist sebelumnya tetapi itu hanya penjelasan singkatnya. Saya akan menuliskan yang lebih lengkap sekarang.


PENGERTIAN (WIKIPEDIA BAHASA INGGRIS)


Poltergeist dideskripsikan sebagai sebuah acara tradisional yang menggambarkan masalah yang dibuat oleh hantu yang senang mengganggu manusia dengan menggerakkan benda di dalam rumah seseorang dan memindahkan benda tersebut ke tempat yang berbeda, menikmati meneror manusia dan hewan. Biasanya poltergeist membuat suara ribut, suara yang tak dapat dijelaskan, dan benda yang bergerak ke mana-mana. Poltergeist dihubungkan dengan kerasukan setan, penindasan, keluarga yang menakutkan, atau serangan fisik yang sangat buruk, itu tergantung kekuatannya. Poltergeist bersifat tidak baik hati.

ARTI POLTERGEIST SECARA BAHASA


Poltergeist berasal dari bahasa jerman, yaitu kata poltern yang berarti membuat keributa dan geist yang berarti roh atau hantu.

KEJADIAN POLTERGEIST YANG TERCATAT


Poltergeist terjadi di banyak kebudayaan di dunia. Dari daerah timur (Amerika, Eropa) hingga barat (Asia). Poltergeist biasanya dihubungkan dengan remaja. Poltergeist biasanya menggerakkan benda.

LITHOBOLIA (1698)


Lithobolia, atau lebih dikenal dengan batu lemparan iblis, adalah pamflet yang mencatat seluruh aktivitas poltergeist yang terjadi di kedai minuman George dan Alice walton pada tahun 1682. Pamflet itu ada 2 kopi dan dua-duanya ada di Brithis Museum. Kedai minuman milik Walton ada di New Castle, New Hampshire yang kemudian dikenal sebagai Pulau Besar. Lithobolia ditulis oleh "R.C". Richard Chamberlain, sekretaris koloni New Hampshire. Pada tahun 1682, Chamberlain sedang berada di kedai minuman milik Walton dan menyaksikan sebuah serangan poltergeist. Pamflet tersebtu dicetak di London pada tahun 1698.

Itulah pejelasannya. Saya hanya bisa menuliskannya segini karena info yang berbahasa indonesia sulit didapat. Dari yang bahasa Inggris terlalu banyak hingga pikiran saya merasa bosan melihatnya. Kalau ingin lebih, coba aja klik link yang dibawah nanti.

Sumber: http://en.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar