Cerita apa yang menarik?

Minggu, 28 November 2010

Telekinesis: Kemampuan luar biasa dari otak manusia

Pernah dengar belum??? Pasti belum.Telekinesis adalah kemampuan untuk menggerakkan benda tanpa harus menyentuhnya. Kedengaran seperti trik sulap bukan?? Dari semua kemampuan unik manusia, telekinesis termasuk yang paling kontroversial. Berbeda dengan telepati yang bisa diterima yang lebih bisa diterima oleh kalangan sains, telekinesis masih dianggap sebagai salah satu fenomena yang tak dapat dibuktikan dengan sains.


TELEKINESIS

Istilah telekinesis pertama kali digunakan pada tahun 1890 oleh seorang peneliti paranormal rusia yang bernama ALEXANDER N. AKSAKOF. Pada tahun 1914, istilah baru muncul, yaitu PSYCHOKINESIS. Pengertiannya sama dengan telekinesis. Yang menciptakan istilah psychokinesis adalah seorang penulis amerika yang bernama HENRY HOLT yang kemudian diadopsi sahabatnya, paranormal amerika, yang bernama J.B RHINE pada tahun 1934, untuk merujuk kepada kemampuan mengubah hasil lemparan dadu.











PENGERTIAN TELEKINESIS/ PSYCHOKINESIS SECARA BAHASA


Psychokinesis berasal dari bahasa yunani yaitu dari kata jiwa/pikiran dan gerakan. Artinya, psychokinesis adalah gerakan pikiran.

Telekinesis secara harafiah berarti jauh-gerakan.
Kata telekinesis dan psychokinesis sering disingkat dengan huruf TK untuk telekinesis dan PK untuk psychokinesis.

KONSEP PSYCHOKINESIS
Konsep yang ada di balik telekinesis adalah semua benda memiliki energi. Ini membuat kita mampu menggerakkan benda tersebut dengan cara menghubungkan energi kita dengan energi benda tersebut.

Dengan latihan konsentrasi yang cukup rumit, orang akn mempu menggerakkan benda mulai dari yang kecil seperti atom (mikro PK) hingga yang besar seperti sendok (makro PK).

Eksperimen tentang mikro PK pernah dilakukan. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Ingo Swann. Eksperimen ini dilakukan di ruang bawah tanah Varian Physics Bulding di Stanford University. Tujuan eksperimen ini adalah untuk mengetahui apakah Ingo dapat mempengaruhi medan magnet yang diciptakan di ruang tertutup di bawah tanah. Setelah Ingo memfokukan pikirannya, frekuensi osilasi pada`magnetometer berlipat ganda. Walaupun Ingi tidak berhasil mematikan medan magnet, tetapi itu telah membuktikan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk melakukan Psychokinesis mikro.

Bagaimana dengan Psychokinesis makro?


KESAKSIAN PSYCHOKINESIS MAKRO
Micheal Crichton, penulis novel laris jurrasic park mengklaim kalau dia pernah membengkokkan sendok dengan pikirannya di sebuah acara "pesta membengkokkan sendok". Kemudan ia menuliskan pengalamannya dalam sebuah buku yang berjudul travels yang terbit pada tahun 1988,

" Saya melihat ke bawah. Sendok itu mulai membegkok. Saya bahkan tidak menyadari sebelumnya. Logam itu menjadi lembut seperti sebuah plastik yang lunak. Sendok itu tidak memanas sama sekali, hanya sedikit menghangat. Lalu, saya bisa membenkokkan mulut sendok itu hanya menggunakan ujung jari saya. Ini tidak membutuhkan tenaga sama sekali. saya menyingkirkan sendok itu, lalu mencobanya lagi pada sebuah garpu. Setelah menggosok beberapa lama, garpu itu membengkok seperti pretzel. Sangat mudah. Saya melihat sekeliling ruangan dan melihat seorang anak berumur 8 atau 9 tahun sedang membengkokkan logam-logam besar. Ini bukan rekayasa karen mereka bukan bermaksud menipu siapa-siapa."


Crighton sendiri tidak tahu kenapa sendok-sendok itu bisa membengkok.

Peneliti senior di institute of noetic sciences bernama Dean Radin juga mengklaim kalau dia juga berhasil membengkokkan sendok dengan kekuatan pikirannya saat mengadakan eksperimen dengan teman-temannya.

Mengenai psychokinesis, Radin berkata,

" Mungkin dalam 50 tahun ke depan, kit akan menggunakan psychokineis untuk membuka pintu garasi kita atau mengubah saluran televisi kita."

Siapa ahli telekinesis lainnya yang terkenal?


1. URI GELLER
Kalau kita sedang membicarakan telekinesis, mau nggak mau kita harus menyinggung nama URI GELLER, ahli telekinesis ternama di dunia.

Geller lahir pada tanggal 20 Desember tahun 1946 di Tel Aviv, Israel. Sekarang, dia menetap di Inggris. Ia mengklaim dirinya bahwa dia memiliki kemampuan telekinesis. Atraksinya yang paling terkenal adalah atraksi membengkokkan sendok.

Selama beberapa dekade, dia membangun karirnya yang gemerlap berdasarkan kemampuannya. Ia muncul di televisi dan majalah di dunia dan berteman dengan tokoh terkenal lainnya seperti Michael Jackson.

Luar biasanya, Geller mengakui kekuatannya didapat dari makhluk extra terestrial (Alien). Pada tahun 1975, dua ilmuwan Russel Trag dan Harold Puthoff dari Stanford Research Institute yang meneliti Geller yakin kalau kemampuan geller asli.

Keberadaan Geller membuat para peneliti tertarik untuk menyelidiki telekinesis.


KEJATUHAN URI GELLER
Pada masa kini, sulap telah menjadi tonotnan sehari-hari. Sulap membengkokkan sendok telah umum bagi kita. Tapi, alat yang dipakai selalu alatnya pesulap. Jika sang pesulap diberi proper lain, bisakah dia melakukan hal yang sama?

Pertanyaan inilah yang dilakukan oara skeptis untuk mengetes kemampua telekinesis orang ahli telekinesis ini asli atau tidak. Para skeptik mengetes kemampuan Geller.

Jika Geller hanya mengkliam dirinya sebgai pesulap, mungkin para skeptis tidak akan memusingkan kepalanya untuk menyelidiki Geller. Tapi karena Geller mengklaim dirinya pemilik kekuatan telekinesis yang didapat dari makhluk extra terestrial, maka ceritanya akan lain.

Karena itu, para skeptik berusaha mati-matian untuk menjawab sebuah pertanyaan, "Benarkah Uri Geller memiliki kemampuan telekinesis atau hanya sebuah trik sulap belaka?"

Salah satu skeptik yang berusaha membongkar kemampuan telekinesis Uri Geller adalah JAMES RANDI.


Pada tahun 1973, Geller diundaang ke sebuah acara talkshow yang bernama, "Tonight Show" yang dibawakan oleh JOHNY CARSON. Carson sendiri pernah menjadi seorang pesulap amatir.Tanpa diketahui Geller Carson meminta Randi yang juga seorang peulap untuk membantu agar Geller tidak dapat melakukan triknya.

Randi menjelaskan,

"Saya diminta untuk mencegah usaha rekayasa. Jadi saya meminta mereka menyediakan properti mereka sendiri dan tidak membiarkan geller dan timnya untuk mendekati atau menyentuh properti itu."

Maksudnya adalah, alat yang dipakai bukan alat milik Geller dan Geller serta timnya tidak diperbolehkn mendekat atau menyentuh alat tersebut.

Ketik acara dimulai, sejumlah gelas diletakkan di atas meja. Dari seluruh gelas, hanya 1 yag berisi air. Geller diminta untuk menebak gelas mana yang berisi air. Atraksi ini bernama Hand Dowsing. Ternyata, geller gagal melakukan aksinya.

Acara itu dingga sebagai awal kejatuhan Geller

Pada tahun 1996, Geller berada di sebuah acara yang bernama Noel's House Party. Tanpa diketahui Geller, sebuah kamera tersembunyi diletakkan di ruangan itu. Lalu, ketika saatnya Geller diminta melakukan aksinya, ia tertangkap kamera sedang membengkokkan sendok dengan kedua tangannya sambil berdiri dan menunjukkan bahwa sendoknya bengkok karena kekuatan pikirannya.

Terungkapnya berbagai trik ini, membuat seorang pengusaha bernama GERALD FLEMING menawarkan hadiah 250.000 Poundsterling jika Geller dapat membengkokkan sendok dalam keadaan yang diatur orang lain. Hadiah ini masih belum diklaim Geller hingga saat ini.

James Randi bahkan bertindak lebih jauh, dia menawarkan 1.000.000 dollar amerika kepada siapapun yang mampu melakukan psychokinesis/telekinesis dalam keadaan yang telah disepakati bersama. Hadiah ini belum diklaim hingga saat ini.

2. NINA KULAGINA
Selain Geller, tokoh lain yang terkenal dalam dunia telekinesis adalah adalah seorang paranormal dari sovyet bernama Nina Kulagina (1926-1990). Pada tahun 1960-an, seuah film hitam-putih yang menunjukkan Nina menggerakkan sebuah objek tanpa menyentuhnya dipertontonkan ke publik dan menimbulkan gairah baru dalam dunia parapsikologi.

Ia bercerita kalau ia pernah melihat sebuah buku meloncat dari raknya. Dalam eksperimen lainnya, Nina dapat memisahkan kuning telur dengan putih telur hanya dengan menatapnya.

Ia juga bisa menghentikan detak jantung kodok dari jarak jauh. Nina mengaku bahwa kekuatannya didapat dari ibunya dan mulai menyadari ketika benda-benda disekitarnya bergerak ketika dia marah.

Namun, para peneliti perlu bukti yang lebih solid daripada seuah film hitam-putih.

DAPATKAH KITA MEMBUKTIKANNYA???

Dapatkah kita mengklaim bahwa telekinesis adalah kekuatan alami manusia yang tersembunyi? Jika bisa, dapatkah kita melakukannya dalam keadaan yang telah diatur orang lain? Ataukah kemampuan telekinesis memang berhubungan dengan aktivitas roh? Bukankah roh dapat menggerakkan benda seperti fenomena poltergeist? Jika ini sebabnya, wajarlah kita tidak bisa membuktikannya secara ilmiah.

PENUTUP:

Uang 1.000.000 dollar yang ditawarkan James Randi Foundation masih berlaku hingga saaat ini. Jika kalian merasa bisa telekinesis yang asli, segeralah hubungi james randi. Mungkin kalian dapat menjadi seorang milyarder yang baru.

sumber: www.apakabardunia.comhttp://xfile-enigma.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar