Cerita apa yang menarik?

Sabtu, 06 November 2010

Fenomena kepribadian ganda

Sudah pernah dengar belum?? Sebagian besar pembaca pasti belum pernah mendengar. Walaupun pernah pasti beranggapan bahwa itu hanyalah karangan fiksi atau tipuan. Yang akan saya tulis sekarang adalah ASLI! Jadi, apa kepribadian ganda itu? Marilah kita cerna penjelasan yang akan saya tulis.


Kepribadian ganda (nama lainnya multiple personality disorder) adalah suatu kelainan jiwa yang menyebabkan satu tubuh memiliki lebih dari satu kepribadian. Maksud saya, dalam satu tubuh, ada lebih dari satu orang.

Misalnya ada orang yang di dalam tubuhnya hidup dua orang.

Kepribadian ganda bukan seperti orang bersandiwara memiliki dua kepribadian, tapi kepribadian ganda akan terlihat alami. Tiap kepribadian juga memiliki nama yang berbeda.

Misalnya: Ada seorang anak, kemarin ngomongnya lembut, hari ini kasar. Tapi dia masih merasa memiliki nama yang sama seperti kemarin. Contoh seperti itu bukanlah kepribadian ganda.

Misalnya: Ada anak namanya andi, orangnya lembut, keesokan harinya, dia senang berbicara kasar dan berbeda 180 derajat dari sebelumnya. Ternyata dia memiliki nama lutfi, tetapi masih memiliki fisik 100% andi. Jadi, andi memiliki dua kepribadian di tubuhnya, yaitu andi dan lutfi.

(dua contoh di atas hanya gambaran, bukan yang sebenarnya)

Disosiasi


Ketika melihat kata di atas, kalian pasti berkata, "apa hubungannya dengan kepribadian ganda? Penulisnya nggak nyambung.". Yang kalian katakan seperti itu merupakan contoh dari disosiasi. Disosiasi kurang lebih hampir miriplah dengan itu. Ketika melihat kata "DISOSIASI", kalian merasa terputusnya hubungan antara judul dengan isinya.


Disosiasi adalah terputusnya hubungan antara pikiran, perasaan, tindakan dan rasa seseorang dengan kesadaran atau situasi yang sedang berlangsung.

Tapi, dalam kasus kepribadian ganda, disosiasi terjadi bukan hanya sekedar kata,"nggak nyambung" tapi jauh lebih rumit dibandingkan itu.

Bagaimana proses terbentuknya kepribadian ganda?

Saya yakin di kepala para pembaca pasti muncul pertanyaan seperti," Kenapa bisa jadi dua kepribadiannya?" Penjelasan selanjutnya akan memperjelas.

Caranya adalah dengan proses disosiasi

Lho.. bagaimana caranya?

Prosesnya ada dua

1. Misalnya seorang anak sering dianiaya. Anak itu akan menyangkal pengalaman ini di dalam pikirannya agar terbebas dari rasa sakit. Anak itu bisa mengalami "out of body experiance" yang membuatnya "terlepas" dari tubuhnya dan pengalaman menyakitkan yang sedang berlangsung.Ia mungkin bisa merasakan rohnya melayang-layang. hingga ke langit-langit. Kemudian dia membayangkan dirinya sedang melihat anak lain yang senasib dengan dia. Dengan kata lain, kepribadian lain telah muncul

2. Akan muncul penghalang memori antara dia dengan kepribadian barunya. Dengan itu, identitas baru telah terbentuk. Sekarang, penganiayaan tidak pernah terjadi padanya dan dia tidak ingat apa-apa mengenai itu. Jika penganiayaan terus dilakukan, kepribadian lain akan bermunculan

Ketika kebiasaan disosiasi telah mendarah daging, dia akan membuat kepribadian lain yang tidak ada hubungannya dengan dia.

Apa tandanya kalau orang itu berkepribadian ganda?

1. Harus ada 2 atau lebih kepribadian yang berbeda dalam diri orang tersebut
2. Kepribadian itu secara berulang mengambil alih kesadaran penderitanya. Hal ini disebut switching
3. Tidak mampu mengingat informasi penting yang berkenaan dengan dirinya yang terlalu luar biasa untuk dianggap lupa biasa
4. Gangguan-gangguan yang terjadi tidak terjadi karena efek psikologis dari substansi seperti alkohol atau obat-obatan atau karena kondisi medis seperti demam.

Siapa aja yang pernah menjadi penderita?
1. Sybil Isabel Dorsett

Salah satu kasus paling terkenal dalam masalah kepribadian ganda adalah kasus yang dialami Shirley Ardell Mason. Untuk menyembunyikan identitasnya, Cornelia Wilbur, sang psikolog yang menangani dan menulis buku tentangnya, menggunakan nama samaran Sybil Isabel Dorsett Untuk menyebut shirley.

Dalam sesi terapi, terungkap bahwa sybil memiliki 16 kepribadian yang berbeda. Diantaranya adalah Clara, Helen, Marcia, Vanessa, Ruthi, Mike (pria), Sid (pria), dan lain-lain.Identitas yang muncul dalam diri sybil muncul karena trauma masa kecil karena disiksa oleh ibunya.


2. William Stanley Milligan (Billy)

Kasus ini merupakan kasus paling menarik. Billy memiliki 24 kepribadian di tubuhnya. Billy adalah seorang mahasiswa yang dihukum karena memperkosa beberapa wanita. Dalam pemeriksaan, ditemukan 24 kepribadian.

Kepribadian yang bersalah adalah seorang wanita yang bernama adalana.

Identitas lain bernama Arthur yang merupakan orang berpengetahuan luas.

Dalam interogasi, Arthur dapat mengungkapkan kemampuannya dalam hal medis. Tetapi, billy tak pernah mempelajari medis sedikitpun. Arthur juga lancar berbahasa arab, tetapi billy tak mampu mengucapkan sesuatu dalam bahasa arab.

Identitas lain bernama Ragen. Ragen bisa bicara bahasa serbia kroasia.

Masih banyak kepribadian billy yang lainnya. Kalau mau  tahu, baca selengkapnya di buku yang berjudul, "24 WAJAH BILLY"

Masih banyak misteri kepribadian ganda yang belum terjawab. Sampai disini saja saya mampu menjelaskan. Sekian dan terima kasih.

Sumber: http://xfile-enigma.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar