Cerita apa yang menarik?

Jumat, 29 April 2011

Ever dream this man?




Pria ini dipercaya telah muncul di mimpi banyak orang. Namun tak disangka, ternyata cerita ini hanyalah sebuah kampanye pemasaran.


Seperti inilah foto orang yang dipercaya sering muncul di mimpi kebanyakan orang

Judul di atas adalah sebuah kalimat yang muncul dalam sebuah website yang memuat pria ini. Berikut websitenya: thisman.org

Dalam website tersebut terdapat keterangan:

"Pada Januari 2006 di New York, seorang pasien wanita dari seorang psikiater ternama menggambar sesosok wajah seorang pria yang disebutnya berulang kali muncul di mimpinya. Dalam beberapa pertemuan itu, pria tersebut memberikan beberapa nasihat mengenai kehidupan pribadi wanita itu. Wanita itu bersumpah bahwa dia belum pernah bertemu pria itu seumur hidupnya."

" Gambar wajah itu terlupakan di meja psikiater untuk beberapa hari hingga seorang pasien lain mengenali wajah itu dan mengatakan pria itu juga sering muncul dalam mimpinya. Ia juga mengklaim kalau ia belum pernah melihat pria itu sebelumnya."

" Psikiater itu kemudian memutuskan untuk mengirim foto wajah itu ke beberapa koleganya yang memiliki pasien yang bermasalah dengan mimpi. Dala tempo beberapa bulan, empat pasien mereka mengenali pria itu karena sering muncul dalam mimpi mereka. Semua pasien mereka menyebut pria itu dengan sebutan This Man."

Website tersebut mengklaim kalau sejak Januari 2006 hingga hari ini, paling tidak ada 2000 orang yang mengaku pernah melihat pria itu dalam mimpi, mulai dari Los Angeles, Sao Paolo, Barcelona, hingga New Delhi.

Kisah ini pertama kali diberitakan blog presurfer yang kemudian dibantu penyebarannya oleh website lain. Dalam waktu singkat, pria ini langsung menyebar ke seluruh dunia.

Dan sekarang itu bukan misteri lagi karena pria ini merupakan bagian dari kampanye pemasaran.

Misteri ini sebenarnya adalah buatan seorang sosiolog dan marketer dari italia yang bernama Andrea Natella (Pria). Natella memiliki sebuah website yang bernama guerriglia marketing (marketing gerilya).

Petunjuk ini bisa didapatkan dari registrasi domain thisman.org. Terlihat kalau domain ini didaftarkan atas nama Andrea Natella. Dari alamat emailnya, kalian bisa mengetahui kalau Andrea adalah pemilik situs guerriglia marketing.


Dari namanya kita mengetahui bahwa website itu menyediakan jas marketing. Namun, cara yang dilakukan Natella termasuk unik, karena mencari cara yang tidak konvensional untuk berkomunikasi dengan konsumen target.

Salah satu caranya adalah menciptakan kisah this man ini.

Lihatlah konsep marketing yang disebut dalam websitenya.

Lihat poin nomor 2.

"Marketing gerilya berkonstribusi pada pengembangan strategi marketing lewat penciptaan pseudo events (peristiwa gadungan) yang didesain untuk mengintegrasikan citra perusahaan"

Jika kita melihat kata pseudo events (peristiwa gadungan), dari kata itu kita mengetahui bahwa cerita this man adalah strategi mereka.

Jadi, jika kita menemukan kisah misteri yang berasal dari Natella,maka disana tidak ada misteri melainkan hanya sekedar kampanye pemasaran belaka.

read more....

Rabu, 27 April 2011

Hakan Norkdvist, penjelajah waktu yang kembali sambil membawa bukti

Hakan Norkdvist pernah melakukan time travelling dan bertemu dengan dirinya yang lain berumur 72 tahun. Walaupun cerita ini cukup menarik, ternyata cerita ini merupakan bagian dari strategi marketing.


Kisah mengenai dirinya sangat populer di eropa, terutama di Swedia, negara asalnya. Dalam sebuah video, Hakan menceritakan pengalmannya terlempar ke masa depan dan bertemu diriynya di masa depan yang berumur 72 tahun. Bagi beberapa orang, banyak orang menganggap cerita ini hanya bohongan. Tapi, sangat susah menolak kebenaran cerita itu jika dia kembali sambil membawa bukti, yaitu video dia dan dirinya di masa depan sedang berdiri berdampingan.

Hakan menceritakannya seperti ini," Peristiwa itu terjadi tanggal 30 Agustus. Hari itu sangat indah dan aku sedang perjalanan pulang. Ketika masuk ke rumah, aku menemukan genangan air di lantai dapur. Sepertinya ada kebocoran. Lalu aku mengambil peralatanku, membuka pintu bak cuci piring dan mulai bekerja."

" Ketika aku masuk ke dalamnya untuk memeriksa pipa, sepertinya tempat itu menjadi lebih panjang daripada yang kuingat. Aku merangkak masuk ke dalam kabinet, dan ketika melakukannya, aku menemukan kalau ruangan itu terus berlanjut. Jadi aku terus merangkak ke dalam."

" Di ujung terowongan, aku melihat cahaya dan ketika sampai di sana, aku menyadari bahwa aku telah sampai di masa depan. Aku bahkan bertemu diriku yang berumur 72 tahun. Saat itu tahun 2042. Aku melakukan berbagai tes terhadapnya untuk memastikan kalau dia adalah benar-benar diriku. Anehnya, dia mengetahui segala sesuatu mengenai diriku, dimana aku menyimpan benda-benda rahasia ketika kelas satu, dan berapa skor pertandingan bola melawan Vaxjo Norra pada musim panas tahun 88. Ia mengetahui segalanya."

" Bahkan kami memiliki tato yang sama, walaupun kepunyaannya kelihatan sedikit buram. Ia mengatakan kepadaku mengenai hal-hal yang akan terjadi di masa yang akan datang dan aku berjanji kepadanya untuk tidak mengatakan soal itu kepada siapapun. Aku membuat sebuah rekaman  menggunakan ponselku. Sayangnya, kualitas rekaman itu tidak begitu baik. Namun hanya itulah yang bisa aku dapatkan. Sebenarnya aku tidak peduli jika orang mengganggap aku seorang pembohong. Aku tahu kalau aku bukan seorang pembohong. Aku bertemu dengan diriku di masa depan dan aku baik-baik saja. Itulah yang aku ketahui. Namun, jika itu bisa terjadi padaku, mungkin hal yang sama bisa juga bisa terjadi pada orang lain."

Berikut screenshotnya:



Apakah cerita itu benar?

Walaupun orang itu kelihatan sangat mirip, Namun terdapat beberapa perbedaan  yaitu perbedaan ukuran kepala, hidung, telinga dan tato mereka. Dari perbedaan itu, banyak yang percaya bahwa orang dalam video itu adalah dua orang yang berbeda.

Rekaman ini ternyata bagian dari kampanye pemasaran untuk sebuah perusahaan dana pensiun Swedia yang bernama AMF pension. Mereka membuat video itu dan menayangkannya di website mereka dengan tujuan membuat orang lebih memikirkan masa depan.

Mereka juga membuat perlombaan dimana seseorang dapat mengirimkan foto mereka dan AMF mengirimkan kembali foto tersebut tetapi kelihatan 30 tahun lebih tua.

Beberapa orang berargumen kalau rekaman AMF Pension dibuat setelah cerita Hakan di Blognya sehingga rekaman itu tidak membuktikan kalau kisah Hakan merupakan bagian dari kampanye pemasaran.

Memang benar bahwa kisah Hakan pertama kali muncul di blognya, baru setelah itu AMF membuat videonya. Setelah video AMF muncul, blog Hakan tidak bisa diakses lagi. Ini sangat cocok dengan pola viral marketing.

Dengan kata lain, sejak Hakan menulis kisahnya di blognya hingga videonya muncul di AMF, itu merupakan bagian dari strategi pemasaran yang sangat jenius.

read more....

Penemuan mayat alien di Siberia adalah hasil kreativitas siswa

Pada tanggal 17 April 2011, sebuah video menunjukkan penemuan mayat sesosok yang dipercaya sebagai alien yang termutilasi di siberia diupload ke youtube. Video ini ternyata Hoax


Bagi yang mau nonton videonya, klik di sini

Ini screenshotnya


Video ini diambil oleh dua orang pelajar yang bernama Timur Hilal, 18 Tahun, dan Kirill Vlasov, di wilayah bersalju di Irkutsk, Siberia.

Banyak video di youtube yang menyangkut UFO dan alien, tetapi video ini terkenal karena penyebarannya dibantu oleh media-media besar di dunia. Walaupun bagi sebagian besar media digunakan sebagai selingan humor, tetapi, bagi beberapa orang, hal ini tidak demikian.

Tetapi, sepertinya kita tak perlu mikir-mikir tentang alien ini lagi karena kepolisian Rusia telah mengkonfirmasi bahwa mayat alien ini ternyata hoax. Mayat alien ini teruat dari remah roti dan kulit ayam.

Juru bicara dari kementrian dalam negeri Rusia mengklarifikasinya, katanya:" Kami menemukan mayat alien itu di dalam salah satu rumah pelajar."

" Mayat ini ditemukan di bawah tempat tidurnya. Penelitian yang seksama menemukan bahwa sesungguhnya mayat alien ini terbuat dari remah roti yang dibalut kulit ayam."


Para penyelidik mempertimbangkan untuk menuntut kedua pelajar tersebut.

Kedua pelajar ini memutuskan untuk membuat lelucon ini setelah mendengar adanya desas-desus bahwa ada UFO yang jatuh di wilayah itu.

Walaupun cukup heboh, tidak semua ufolog lagsung menerima berita itu.

Misalnya, Alex Komanov, salah seorang peneliti UFO mengatakan :" Mayat ini memang menarik. Teksturnya mirip dengan makhluk biologi yang ada. Namun, mayat ini tidak mengenakan pakaian dan saya yakin kalau makhluk cerdas luar angkasa akan memakai pakaian seperti baju luar angkasa."


Argumentasi yang menarik.

Sumber: blog misteri enigma

read more....